PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI EDUKATIF BERBANTUAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS III UPT SD NEGERI 064026 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2024/2025

TOBING, RINDI ERNA LUSIANA BR, 2105030083 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI EDUKATIF BERBANTUAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS III UPT SD NEGERI 064026 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (232kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (65kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (127kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (238kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (364kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (64kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi edukatif berbantuan powtoon terhadap hasil belajar siswa materi wujud benda mata pelajaran IPA kelas III Upt SD Negeri 064026 Medan Tuntungan tahun ajaran 2024/2025. Peneliti menggunakan metode eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III dengan sampel dua kelas, yaitu kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran video dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvesional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa di kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen mencapai 82,60, lebih tinggi dibandingkan kelas Kontrol sebesar 58,18. Penggunaan media video animasi edukatif berbantuan powtoon terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi edukatif berbantuan powtoon dapat menjadi alternatife media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA, sehingga penggunaan media pembelajaran video animasi edukatif berbantuan powtoon berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi wujud benda siswa kelas III SDN 064026 Medan Tuntungan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Educational Animation Video Media, Powtoon, Learning Outcomes
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRINCI SIMBOLON, S.Pd., M.Pdsimbolonrinci@gmail.comNIDN 121118703
Pembimbing IIRESTIO SIDEBANG, S.Pd., M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Rindi Erna Lusiana
Date Deposited: 10 May 2025 04:46
Last Modified: 10 May 2025 04:46
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3639

Actions (login required)

View Item View Item