UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN BUMI DAN ALAM SEMESTA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DI KELAS V SD SWASTA MASEHI 03 KABANJAHE T.P 2018/2019

TARIGAN, SUSRY ARBINA BR, 1505030326 (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN BUMI DAN ALAM SEMESTA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DI KELAS V SD SWASTA MASEHI 03 KABANJAHE T.P 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (935kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (792kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Thnik Pair Share pada mata pelajaran IPA Bumi dan Alam Semesta di Kelas V SD Swasta Masehi 03 Kabanjahe T.P 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Swasta Masehi 03 Kabanjahe T.P 2018/2019 yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran IPA materi Bumi dan Alam Semesta di Kelas V SD Swasta Masehi 03 Kabanjahe T.P 2018/2019. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil pembelajaran Siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 60,5% dengan kategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa mendapat nilai 62 dengan kategori cukup, ketuntasan belajar siswa secara individu yaitu 18 siswa, sedangakan ketuntasan belajar secara klasikal diperoleh 60% dan nilai rata – rata sebesar 68. Hasil belajar Siklus II dengan perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru diperoleh 78% dengan kategori baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa diperoleh 82 dengan kategori baik, ketuntasan belajar siswa secara individu yaitu 26 siswa, sedangkan ketuntasan adalah 86,67% dan nilai rata – rata sebesar 88. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran IPA materi Bumi dan Alam Semesta di Kelas V SD Swasta Masehi 03 Kabanjahe T.P 2018/2019 hasil belajar meningkat sebesar 29,41%

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Think Pair Share Models
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Pelista Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 19670902199302001
Pembimbing IIRestio Sidebang, M.Pd-NIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 04 Mar 2020 07:52
Last Modified: 19 Mar 2021 03:04
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/364

Actions (login required)

View Item View Item