SEBAYANG, CYNTIA MAHARANI BR, 2105030343 (2025) PENGARUH METODE MEMBACA CEPAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS BACAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 101821 PANCUR BATU T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (139kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (91kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (104kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (177kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (494kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (31kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (555kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini terdiri dari, (1) Untuk mengetahui kemampuan memahami isi teks dengan menggunakan metode membaca konvensioanl terhadap pemahaman isi teks pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 101821 Pancur Batu T.A 2024/2025, (2) Untuk mengetahui kemampuan memahami isi teks dengan menggunakan metode membaca cepat terhadap pemahaman isi teks pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 101821 Pancur Batu T.A 2024/2025, (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dengan menggunakan metode membaca cepat terhadap pemahaman isi teks pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN 101821 Pancur Batu T.A 2024/2025. Subjek penelitian ini adalah siswa yang memperoleh nilai dibawah standar kriteria ketuntasan minimal pada pelaksanaan tes awal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101821 Pancur Batu berjumlah 35 siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah tes. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode membaca cepat berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas IV SD Negeri 101821 Pancur Batu diperoleh nilai 86,33 berkategori sangat tinggi. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode membaca konvensional berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas IV SD Negeri 101821 Pancur Batu diperoleh nilai 65,65 berkategori tinggi. Terdapat pengaruh signifikan dengan menggunakan metode membaca cepat terhadap kemampuan memahami isi teks pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas IV SDN 101821 Pancur Batu T.A 2024/2025 karena x 2 thitung > x ttabel 11,36 >5,99 maka hipotesis (H0) ditolak dan (H1) diterima.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Speed Reading, Comprehension Ability | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | CYNTIA MAHARANI BR SEBAYANG | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 May 2025 04:38 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 May 2025 04:38 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3640 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |