PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS WORDWALL PADA PELAJARAN IPAS MATERI TUMBUHAN KELAS 4 SDN 044841 KUTAMBARU TAHUN AJARAN 2024/2025

GINTING, CINTIA BR, 2105030164 (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS WORDWALL PADA PELAJARAN IPAS MATERI TUMBUHAN KELAS 4 SDN 044841 KUTAMBARU TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (140kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (81kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (103kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (352kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (342kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (84kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (709kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini berjuan untuk mengembangkan video animasi berbasis wordwall pada Pelajaran IPAS materi tumbuhan kelas 4 SD N 04841 Kutambaru dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 SD N 04841 Kutambaru. Penelitian pengembangan ini juga untuk mengetahui tingakat kevalitan dan kepraktisan media pembelajaran berbasis wardwoll. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Develoment (R & D) dengan model PPE yang mencakup tiga langkah antara lain: planning (perencanaan), production (produksi), dan evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui dengan menggunakan data uji kevalitan oleh validator media dan validator materi, sedangkan data uji kepraktisan oleh guru kelas IV dan peserta didik kelas IV SD. Instrument penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar validasi dan lembar angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa video animasi berbasis wardwall pada materi tumbuhan pada kelas IV SD “sangat valid” dengan rincian persentasi kevalitan yang diberikan oleh ahli media 95,00%. Dengan kategori “sangat valid”, oleh ahli materi dihasilkan 91,67% dengan kategori “sangat valid”. Rincian persentasi kepraktisan yang diberikan oleh guru melalui guru SD melalui angket respon guru sebesar 82,50% dengan kategori “sangat praktis” dan respon peserta didik kelas IV SD dengan subjek penelitian 24 siswa sebesar 96,18% dengan kategori “sangat praktis” maka dari itu dapat disimpulkan bahwa Video animasi berbasis wardwall pada materi tumbuhan kelas IV SD N 04841 Kutambaru “valid” dan “praktis” digunakan kepada peserta didik pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Animated Video, Wardwall, Plant Material
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDEWI AFRIANY SUSANTI, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN 108048801
Pembimbing IIBIJAK GINTING, S.Sn., M.Humbijakginting08@gmail.comNIDN 108046804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: CINTIA BR GINTING
Date Deposited: 12 May 2025 03:30
Last Modified: 12 May 2025 03:30
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3641

Actions (login required)

View Item View Item