PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI UPT SPF SD NEGERI 101864 GUNUNG RINTIH T.P 2024/2025

SILALAHI, ERISA MEIDIVAYORI BR, 2105030219 (2025) PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI UPT SPF SD NEGERI 101864 GUNUNG RINTIH T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (240kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (81kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (211kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (296kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (390kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (84kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (549kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Role playing terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS materi Memakan dan dimakan kelas V SD Negeri 101864 Gunung Rintih. Metode yang digunakan peneliti yaitu metode eksperimen. Dan instrumen yang digunakan dalam peneliti berupa tes essay yaitu untuk melihat hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sampel dengan total sampel VA 24 orang siswa dan VB 24 orang siswa. Kelas eksperimen di ajarkan dengan menggunakan model Role playing dan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat diktahui bahwa kemampuan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Role playing memperoleh nilai rata-rata 87,50 termasuk kriteria tinggi, sedangkan siswa yang menggunakan model konvensional memperoleh nilai rata- rata 73,18 termasuk kriteria sedang. Maka dapat di simpulkan bahawa terdapat Pengaruh yang Signifikan Penggunaan model pembelajaran role playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Materi Memakan dan dimakan Kelas V SD Negeri 101864 Gunung Rintih Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Role Playing Learning Model, Learning Outcomes, Science Learning
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs Hartono Sembiring, M.Pddosen@gmail.comNIP.8918130021
Pembimbing IIJULIANA BR SIMBOLON, SP., M.Sijuliana.uq@gmail.comNIDN 118077802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ERISA MEIDIVAYORI BR SILALAHI
Date Deposited: 14 May 2025 01:45
Last Modified: 14 May 2025 01:45
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3644

Actions (login required)

View Item View Item