PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRITERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI PERUBAHAN WUJUDZAT DIKELAS IV SDNEGERI 104217 SIDOMULYO T.A 2024/2025

NOVITA SARI, 2105030397 (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRITERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI PERUBAHAN WUJUDZAT DIKELAS IV SDNEGERI 104217 SIDOMULYO T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (219kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (93kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (204kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (408kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (207kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perubahan Wujud Zat di kelas IV SD Negeri 104217 Sidomulyo Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan metode Inkuiri Terbimbing dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Sebelum pelaksanaan pembelajaran, dilakukan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Hasil pre-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas IV-A adalah 43,96, sementara kelas kontrol (IV-B) memperoleh nilai rata-rata 37,5, yang menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang relatif sama. Setelah pembelajaran berlangsung, dilakukan post-test untuk mengukur pengaruh metode yang digunakan. Hasil post-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat menjadi 84,58, sedangkan kelas kontrol tetap pada 58,25.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Guided Inquiry, learning outcomes, science learning.
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDEWI AFRIANY SUSANTI, S.Pd., M.Pddesen@gmail.comNIDN 108048801
Pembimbing IIDrs. EDUARD, M.Sieduardsimatupang@gmail.comNIDN 0023126601
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: NOVITA - SARI
Date Deposited: 11 May 2025 02:25
Last Modified: 11 May 2025 02:25
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3646

Actions (login required)

View Item View Item