NOVITA SARI, 2105030397 (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRITERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI PERUBAHAN WUJUDZAT DIKELAS IV SDNEGERI 104217 SIDOMULYO T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (219kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (21kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (93kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (204kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (408kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (207kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perubahan Wujud Zat di kelas IV SD Negeri 104217 Sidomulyo Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan metode Inkuiri Terbimbing dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Sebelum pelaksanaan pembelajaran, dilakukan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Hasil pre-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas IV-A adalah 43,96, sementara kelas kontrol (IV-B) memperoleh nilai rata-rata 37,5, yang menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang relatif sama. Setelah pembelajaran berlangsung, dilakukan post-test untuk mengukur pengaruh metode yang digunakan. Hasil post-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat menjadi 84,58, sedangkan kelas kontrol tetap pada 58,25.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Guided Inquiry, learning outcomes, science learning. | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | NOVITA - SARI | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 May 2025 02:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 May 2025 02:25 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3646 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |