MANALU, SONDANG MAWARNI, 2105030125 (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SD SWASTA GKPS SARIBUDOLOK T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (241kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (64kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (194kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (294kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (417kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (194kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (713kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Inquiry terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS materi Sistem Pernapasan Manusia kelas V SD SWASTA GKPS SARIBUDOLOK. Metode yang digunakan peneliti yaitu metode eksperimen. Dan instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes essay yaitu melihat hasil kemampuan siswa. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sampel V-A 35 orang siswa dan V-B 32 orang siswa. Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan metode Inquiry dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat diketahui bahwa kemampuan hasil belajar siswa dengan menggunaksan metode Inquiry memperoleh nilai rata-rata 77,125, termasuk kriteria tinggi, sedangkan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 66,428 termasuk kriteria rendah. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang Signifikan penggunaan metode Inquiry terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS Materi Sistem Pernapasan Manusi akelas V SD SWASTA GKPS SARIBUDOLOK Tahun Pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Conventional Method, Inquiry Method, Learning Outcomes, IPAS | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | SONDANG MAWARNI MANALU | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 May 2025 03:48 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 May 2025 03:48 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3655 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |