PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD DHARMA WANITA PELITA TAHUN AJARAN 2024/2025

DEBORA SITUMEANG, 2105030436 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD DHARMA WANITA PELITA TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (195kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (31kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (286kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (464kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (79kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia tanpa menggunakan Guided Practice pada materi Penggunaan Tanda Baca di kelas IV SD Dharma Wanita Pertiwi Tahun Ajaran 2024/2025, kemudian Untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang Menggunakan Guided Practice pada materi Penggunaan Tanda Baca di kelas IV SD Dharma Wanita Pertiwi Tahun Ajaran 2024/2025, lalu Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia yang menggunakan Guided Practice pada materi Penggunaan Tanda Baca di kelas IV SD Dharma Wanita Pertiwi Tahun Ajaran 2024/2025. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain quasi-experimental yang dilaksanakan di SD Dharma Wanita Pelita, yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Guided Practice Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Dharma Wanita Pelita Tahun Ajaran 2024/2025. Hasil nilai Pretest dari kelas IV Aadalah 49,00 dan Pretest dari kelas IV B adalah 46,67. Lalu hasil nilai Postest dari kelas IV A adalah 80,2 dan Postest dari kelas IV B adalah 70,0. Hasil nilai Uji t yaitu t hitung dan t tabel adalah thitung = 7,152 dan ttabel = 2,05. Karena thitung>ttabel, maka Ho ditolak, H1 diterima yang artinya ada Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Guided Practice Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Dharma Wanita Pelita Tahun Ajaran 2024/2025. Dengan demikian, pengaruh Penggunaan Strategi Guided Practice Terhadap Hasil Belajara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Dharma Wanita Pertiwi Tahun Ajaran 2024/2025 dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Learning Outcomes, Implementation of Guided Practice Learning Strategies, Use Of Punctuation.
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IMUHAMMAD DALIANI, S.Pd., M.Simddaniboys@gmail.comNIDN 0128088804
Pembimbing IIIMMANUEL PANUSUNAN TUA PANGGABEAN, ST., MTimmanuel.panusunan@universitasquality.ac.idNIDN 130117404
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DEBORA - SITUMEANG
Date Deposited: 11 May 2025 05:37
Last Modified: 11 May 2025 05:37
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3656

Actions (login required)

View Item View Item