PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN M EDI A GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 044841 KUTAMBARU T.A. 2024/2025

SITOMPUL, NADYA HATIKA, 2105030282 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN M EDI A GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 044841 KUTAMBARU T.A. 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (573kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (125kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (165kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (320kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (309kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (79kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media gambar pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 044841 Kutambaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian pretest dan posttest yang menggunakan dua kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas V-A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 siswa dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 orang siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah soal essay sebanyak 5 soal. Hasil nilai rata rata pretest siswa kelas V-A yaitu 40 dan nilai rata rata kelas V- B yaitu 35,25. Setelah kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, maka diperoleh nilai rata rata kelas V-A yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 66,25 dan kelas V-B yang menggunakann model pembelajaran problem based learning yaitu 84. Hasil hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t, berdasarkan hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih tinngi dibandingkan dengan nilai rata rata hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensiona pada mata pelajaran IPAS di kelas V SD Negeri 044841 Kutambaru T.A 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Student’s Learning Outcomes, Problem-Based Learning Model, Natural and Social Science Subjects.
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. YASON MENDROFA, M.Pdyasonmendrofa@gmail.comNIDN 102075901
Pembimbing IIIRWANSYAH, S.Pd., M.Pdiirwan135@gmail.comNIDN 115098701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Nadya hatika
Date Deposited: 12 May 2025 06:19
Last Modified: 12 May 2025 06:19
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3657

Actions (login required)

View Item View Item