PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SD NEGERI 040550 MARDINGDING KECAMATAN MARDINGDING TAHUN AJARAN 2018/2019

TARIGAN, LEA ASTRIA BR, 1505030092 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SD NEGERI 040550 MARDINGDING KECAMATAN MARDINGDING TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (376kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (315kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (942kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (699kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (271kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pengaruh model pembelajaran Small Group Discussion terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan materi pokok perkembangan teknologi transportasi masa lalu dan masa kini. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 040550 Mardingding Kecamatan Mardingding Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 25 orang siswa yaitu kelas IV-A dan IV-B. Analisis data dilakukan dengan perhitungan manual untuk mengetahui nilai rata-rata, simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh hasil belajar siswa dalam menjumlahkan dan mengurangkan pecahan menggunakan pemberian Small Group Discussion diperoleh nilai rata-rata 81,33, menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 79,46, dan ada pengaruh yang signifikan pemberian Small Group Discussionterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial materi perkembangan teknologi transportasi masa lalu dan masa kini di kelas IV SDN 040550 Mardingding Kecamatan Mardingding Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Small Group Discussion, Conventional, Student Learning Outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IIRinci Simbolon, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0121118703
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 04 Mar 2020 08:15
Last Modified: 20 Mar 2021 02:07
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/366

Actions (login required)

View Item View Item