PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE BERBANTUAN KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 067246 MEDAN TUNTUNGAN T.A 2024/2025

SITOMPUL, SIFRA RUTH, 2105030157 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE BERBANTUAN KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 067246 MEDAN TUNTUNGAN T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (430kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (281kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (366kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (678kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (88kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang kurang menarik, kurangnya minat siswa dalam belajar IPS materi keberagaman budaya di Indonesia dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 067246 Medan Tuntungan T.A 2024/2025. Sebagai jumlah populasi siswa kelas IV dengan jumlah 25 orang. Sampel diambil dari seluruh jumlah populasi siswa kelas IV sebanyak 25 orang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan alat pengumpulan data yang digunakan tes berupa angket dengan soal essay sebanyak 5 butir soal. Dari analisis data dan hipotesis; (1) Diperoleh nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give berbantuan kartu pada materi keragaman agama di Indonesia di kelas IV SDN 067246 Medan Tuntungan, diperoleh nilai rata-rata pretest 43 dan nilai rata-rata post-test 64. (2) Ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Take and Give berbanuan kartu terhadap hasil belajar siswa dalam materi keragaman agama di Indonesia pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 067246 Medan Tuntungan T.A 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Take and Give, Card, Learning Outcomes
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ITina Sheba Cornelia Sitompul, S.Pd., M.Pddomtinasitompul@gmail.comNIDN. 0120058705
Pembimbing IIUlfah Sari Rezeki, S.Pd., M.Pdulfahsari6@gmail.comNIDN. 106129001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIFRA RUTH SITOMPUL
Date Deposited: 14 May 2025 02:33
Last Modified: 14 May 2025 02:33
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3670

Actions (login required)

View Item View Item