GINTING, ADI NEGARA, 2105030100 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN METODE BERMAIN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PECAHAN KELAS V UPT SD NEGERI 060973 ASAM KUMBANG T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (388kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (329kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (435kB) |
![]() |
Text
BAB II,.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (699kB) |
![]() |
Text
BAB III-V..pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (865kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (326kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui hasil belajar matematika tanpa model problem based learning berbantuan metode bermain, 2) untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan metode bermain terhadap hasil belajar matematika, 3) untuk mengetahui pengaruh signifikan dengan menggunakan model problem based learning berbantuan metode bermain terhadap hasil belajar matematika pecahan siswa kelas V SD Negeri 060973 Asam Kumbang. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain pre test dan post test pada kelompok eksperimen dan kontrol. Model Problem Based Learning dirancang untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada nilai post test siswa kelas eksperimen dibanding nilai post test siswa kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, nilai rata-rata mencapai 90,8 dengan simpangan baku 9,4296. Sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata berjumlah 77,4 dengan simpangan baku 13,2382. Analisis ketuntasan hasil belajar menunjukkan bahwa seluruh siswa kelas eksperimen mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran, sedangkan kelas kontrol memperoleh 84% siswa mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran 16% siswa tidak mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Berdasarkan hasil uji t yang telah dilakukan maka memperoleh yaitu = 4,122 dan yang diperoleh dari hasil interpolasi data = 1,677, maka > yang artinya adanya pengaruh signifikan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan metode bermain terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 060973 Asam Kumbang, Kec. Medan Selayang Tahun Pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | mathematics learning outcomes, Problem-Based Learning (PBL) model, play method | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Adi Negara Ginting | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 May 2025 06:19 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 May 2025 06:19 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3675 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |