PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 064025 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

TARIGAN, NIA EGI O, 1505030273 (2019) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 064025 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (47kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (45kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (85kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (454kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (32kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 064025 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064025 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan populasi dan sampel seluruh kelas IV SD Negeri 064025 Medan yang berjumlah 27 siswa. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan deskriptif dengan metode kuantitatif. Alat pengumpulan data penelitian dilakukan dengan angket pengelolaan kelas (X) dan menggunakan hasil ujian tengah semester untuk mengetahui hasil belajar siswa (Y), teknik analisis data menggunakan uji Independen Antara Dua Faktor (BK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas tergolong baik dengan skor rata-rata 75,05 dengan Standar Deviasi sebesar 8,94. Hasil belajar siswa tergolong baik dengan nilai terendah adalah 58, sedangkan nilai tertinggi adalah 86, dengan rata-rata 72,55 dan Standar Deviasi 7,93. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai yaitu > atau 10,04 ˃ 9,49. Ada pengaruh yang signifikan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 064025 Medan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 064025 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Class Management, Learning Outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IR.L. Holmes Parhusip, M.Pd-NIDN. 0128098002
Pembimbing IIRupina Magdalena Br Tarigan, M.Pd-NIDN. 011110896
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 04 Mar 2020 08:35
Last Modified: 19 Mar 2021 09:23
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item View Item