LISNAWATI SITANGGANG, 2105030064 (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KUARTET PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MATERI PROSES PERUMUSAN DAN NILAI-NILAI PANCASILA DI KELAS IVSDN 068004 MEDAN TUNTUNGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (182kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (87kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (428kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (91kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (696kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Kartu Kuartet Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Proses Perumusan dan Nilai-Nilai Pancasila di Kelas IV SDN 068004 Medan Tuntungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experiment Design dengan rancangan penelitian Pretest dan Posttest. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah sebanyak 54 orang siswa. Sampel penelitian yaitu Kelas IV-A sebagai kelas eksperimen berjumlah 28 orang dan Kelas IV-B sebagai kelas kontrol berjumlah 26 orang siswa. Tabel frekuensi nilai tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat didistribusikan dalam tabel frekuensi kemudian digambarkan ke dalam bentuk diagram batang untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan media kartu kuartet di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara 2 faktor dengan α = 0,05 sehingga diperoleh nilai hasil belajar yang signifikan, dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen = 81,15 dan kelas kontrol = 71,43. pengujian hipotesis menggunakan rumus uji independen dua faktor untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu Thitung = 2,06 dan Ttabel = 1,71. karena Thitung > Ttabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengarh signifikan Penggunaan Media Kartu Kuartet Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Proses Perumusan dan Nilai-Nilai Pancasila di Kelas IV SDN 068004 Medan Tuntungan
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Quartet Card Media, Learning Outcomes, Pancasila Education Subject. | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | LISNAWATI - SITANGGANG | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 May 2025 01:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 May 2025 01:21 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3708 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |