PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KUARTET PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MATERI PROSES PERUMUSAN DAN NILAI-NILAI PANCASILA DI KELAS IVSDN 068004 MEDAN TUNTUNGAN

LISNAWATI SITANGGANG, 2105030064 (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KUARTET PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MATERI PROSES PERUMUSAN DAN NILAI-NILAI PANCASILA DI KELAS IVSDN 068004 MEDAN TUNTUNGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (182kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (152kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (303kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (428kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (91kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (696kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Kartu Kuartet Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Proses Perumusan dan Nilai-Nilai Pancasila di Kelas IV SDN 068004 Medan Tuntungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experiment Design dengan rancangan penelitian Pretest dan Posttest. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah sebanyak 54 orang siswa. Sampel penelitian yaitu Kelas IV-A sebagai kelas eksperimen berjumlah 28 orang dan Kelas IV-B sebagai kelas kontrol berjumlah 26 orang siswa. Tabel frekuensi nilai tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat didistribusikan dalam tabel frekuensi kemudian digambarkan ke dalam bentuk diagram batang untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan media kartu kuartet di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara 2 faktor dengan α = 0,05 sehingga diperoleh nilai hasil belajar yang signifikan, dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen = 81,15 dan kelas kontrol = 71,43. pengujian hipotesis menggunakan rumus uji independen dua faktor untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu Thitung = 2,06 dan Ttabel = 1,71. karena Thitung > Ttabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengarh signifikan Penggunaan Media Kartu Kuartet Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Proses Perumusan dan Nilai-Nilai Pancasila di Kelas IV SDN 068004 Medan Tuntungan

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Quartet Card Media, Learning Outcomes, Pancasila Education Subject.
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IKRISTA SURBAKTI, S.Pd., M.Sikrista.surbakti8484@gmail.comNIDN 0110078402
Pembimbing IIJULIANA BR SIMBOLON, SP., M.Sijuliana.uq@gmail.comNIDN 118077802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LISNAWATI - SITANGGANG
Date Deposited: 15 May 2025 01:21
Last Modified: 15 May 2025 01:21
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3708

Actions (login required)

View Item View Item