PENGARUH METODE CTL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS V SDN 064023 KEMENANGAN TANI T.P 2018/2019

SIMAMORA, MARIA NURCAHAYA, 1505030238 (2019) PENGARUH METODE CTL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS V SDN 064023 KEMENANGAN TANI T.P 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (71kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (68kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (117kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (674kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (32kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode CTL Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian pre test dan pos test.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dan penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 49 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 siswa dan kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 24 siswa. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data hasil observasi, data Keterampilan Menulis Deskripsi mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Tes yang diberikan kepada siswa berupa essay dengan jumlah 4 soal. Data dianalisis dengan menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan 5%. Pengujian normalitas menggunakan rumus uji lilifors sehingga diperoleh hasil data test kelas V-A, yaitu 0,14380 dan kelas V-B, yaitu 0,12303 dengan kesimpulan data diterima karena kriteria normalitas adalah jika 0,173 Pengujian Hipotesis menggunakan rumus uji independen Antara dua faktor sehingga diperoleh <= hasil data post test V-A dan kelas V-B, yaitu 8,04 dan 5,99 karena maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam pengaruh metode ctl terhadap kemampuan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri 064023 kemenangan Tani Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CTL Method and Skill of Writing Descriptions
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 05 Mar 2020 02:03
Last Modified: 05 Mar 2020 02:03
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/371

Actions (login required)

View Item View Item