PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF SISWA DI KELAS V SD NEGERI 060931 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

TAMBA, LISBET SAFITRI, 1505030264 (2019) PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF SISWA DI KELAS V SD NEGERI 060931 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (56kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (91kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (363kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebiasaan membaca terhadap kemampuan menentukan ide pokok paragraf. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan deskriptrif kuantitatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket dan tes. Angket diedarkan kepada 47 sampel dari 47 populasi dengan teknik pengambilannya menggunakan sampel total. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060931 Medan Amplas.Tahun Pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini sebelumnya peneliti menguji coba angket terlebih dahulu di sekolah lain. Dan pada pengolahan data, peneliti menggunakan rat-rata, simpangan baku, normalitas data dengan uji chi squer, homogenitas varias dan uji independen dua faktor untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil penelitian kebiasaan membaca memperoleh rata-rata 68,18 dan Kemampuan memnentukan ide pokok memperoleh rata-rata 55,49. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pemgaruh yang signifikan kebiasaan membaca terhadap kemampuan menentukan ide pokok paragraf siswa kelas V SD Negeri 060931 Medan Amplas Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reading Habits, Ability to Determine the Main Idea of the Paragraph
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 418 Applied Linguistics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIRupina Magdalena Br Tarigan, M.Pd-NIDN. 011110896
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 05 Mar 2020 02:07
Last Modified: 22 Mar 2021 08:07
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/372

Actions (login required)

View Item View Item