PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI TAHUN AJARAN 2018/2019

TARIGAN, SYARAH FEBRIANTY BR, 1505030232 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (42kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (129kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (234kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan tani Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064023 Kemenangan Tani. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan Tani yang berjumlah 53 Siswa sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpul data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis digunakan Uji Independen Antara Dua Faktor. Dari hasil analisis data diperoleh: Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi cahaya dan sifat-sifatnya setelah menggunakan Metode Eksperimen di kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan Tani, diperoleh nilai rata-rata 81,79, Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi cahaya dan sifay-sifatnya setelah menggunakan pembelajaran Konvensional di kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan Tani, di peroleh nilai rata-rata 70,00. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan metode Eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan tani Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Result Of The Study, Experimental Methods
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IProf. Erna Frida, M.Si-NIP. 196401231991022001
Pembimbing IIFrikson Jony Purba, S.Si., M.Pd-NIDN. 01040408701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 05 Mar 2020 02:11
Last Modified: 19 Mar 2021 02:53
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/373

Actions (login required)

View Item View Item