PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DIKELAS III SD NEGERI 060950 MEDAN T.P 2024/2025

SAGALA, RENDI TRYWAHYUNI, RENDI (2025) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DIKELAS III SD NEGERI 060950 MEDAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL RENDI (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK L rendi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (505kB)
[img] Text
BAB I L rendi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (407kB)
[img] Text
BAB II L rendi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (579kB)
[img] Text
BAB III-BAB V L rendi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (985kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA L rendi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (456kB)
[img] Text
LAMPIRAN L rendi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan numerasi siswa dikota Medan, dimana pada tahun 2020 hanya mencapai 50% dan meningkat menjadi 62% pada tahun 2024. Salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang kurang tepat dan kurang bervariasi, sehingga memengaruhi pencapaian siswa siswa dalam numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran Kartu Domino di SD Negeri 060950 Medan serta produk yang dikembangkan oleh peneliti dalam bentuk media pembelajaran kartu. Jenis penelitian ini ialah Research & Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2024, penelitian ini sampai pada tahapan kelima dari lima tahapan dalam ADDIE yaitu Analisis, Desain, Development, Implementasi, Evaluasi. Penelitian menggunakan instrumen observasi, wawancara serta lembar valid dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dilihat dari hasil skor yang diberikan oleh kedua validator yaitu validator ahli materi memperoleh skor 94,64% dan validator ahli media memperoleh skor 91,07%, yang dinilai “sangat valid” dengan jumlah rata-rata kevalidan diperoleh sebesar 92,85% maka termasuk dalam kategori “sangat valid”. Serta kepraktisan dapat dilihat melalui hasil angket respon guru dengan nilai 93% dan angket respon siswa 87% yang dinilai “sangat praktis” dengan jumlah rata-rata praktis diperoleh sebesar 90% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Kartu domino yang dikembangkan termasuk dalam kategori praktis. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran kartu domino yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis dalam penggunaannya untuk proses pembelajaran. Untuk itu disarankan bagi guru yang menggunakan media pembelajaran kartu domino yang dikembangkan ini dapat digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran, maka diharapkan dapat memanfaatkannya sebagai media pembelajaran di sekolah khususnya pada materi operasi bilangan cacah. Kata Kunci : Pengembangan, Kartu Domino, Operasi Bilangan Cacah

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, Domino Cards, Whole Number Operations
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Sifaizahsrie2502@gmail.com0025066706
Pembimbing IIRinci Simbolon, S.Pd., M.Pdsimbolonrinci@gmail.com0121118703
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username rendi
Date Deposited: 16 May 2025 02:25
Last Modified: 16 May 2025 02:25
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3739

Actions (login required)

View Item View Item