MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN DAUR HIDUP HEWAN DI KELAS IV SD SWASTA MASEHI 03 KABANJAHE T.P 2018/2019

GINTING, SANTA FRANSISKA BR, 1505030160 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN DAUR HIDUP HEWAN DI KELAS IV SD SWASTA MASEHI 03 KABANJAHE T.P 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (947kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (848kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan hasil belajar siswa dengan menggunakanmodel Picture and Picturedalam mata pelajaran IPA di kelas IV SD Swasta Masehi 03 KabanjaheTahun Pelajaran 2018/2019. Subyek Penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV, yang berjumlah 15 orang siswa. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Tes dan Lembar Observasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua jam pembelajaran. Hasil penelitian ini terdiri atas Siklus I dan Siklus II. Masing-masing siklus pelaksanaan nya sama yaitu melaksanakan kegiatan pembelajaran, menilai hasil belajar siswa dengan tes dan menilai pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi guru dan siswa. Berdasarkan analisis hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah berkategorikan baik. Hasil belajar siswa sudah tuntas baik secara individu maupun secara klasikal. Pada siklus I terdapat 11 siswa yang tuntas belajarnya sedangkan pada siklus II Terdapat 13 siswa yang tuntas belajarnya dan rata-rata hasil belajar siwa meningkat. Ternyata dengan menggunakan model Picture and Picture siswa lebih mengerti mengerjakakan soal-soal dan meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Dengan demikian pembelajaran IPAdengan menggunakanmodel Picture and Picture pada materi pokok bahasan Daur Hidup Hewan di kelas IV SD Swasta Masehi 03 Kabanjahe dapat meningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Repetition Of Questions, And Models Of Pictures And Images
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Pelista Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 19670902199302001
Pembimbing IIRestio Sidebang, M.Pd-NIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 05 Mar 2020 02:16
Last Modified: 14 Dec 2020 07:25
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/374

Actions (login required)

View Item View Item