PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DENGAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANIPAS MATERI LINGKUNGAN DIKELAS IV SDN 101821 PANCUR BATU T.A 2024/2025

ARITONANG, NOVITA SARI BR, 2105030198 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DENGAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANIPAS MATERI LINGKUNGAN DIKELAS IV SDN 101821 PANCUR BATU T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (208kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (43kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (170kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (532kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (73kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (722kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini terdiri dari (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran CTL dengan media Big Book pada materi lingkungan Siswa di kelas IV SD 101821 Pancur Batu Tahun Ajaran 2024/2025, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model CTL tanpa menggunakan Big Book pada materi Lingkungan Siswa di kelas IV SD 101821 Pancur Batu Tahun Ajaran 2024/2025, (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan media Big Book tanpa menggunakan media pada materi Lingkungan Siswa di kelas IV SD 101821 Pancur Batu Tahun Ajaran 2024/2025. Subjek penelitian ini adalah siswa yang memperoleh nilai dibawah standar kriteria ketuntasan minimal pada pelaksaan tes awal. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101821 Pancur Batu berjumlah 40 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penelitian adalah tes.Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CTL menggunakan media Big Book materi lingkungan berdasarkan perhitungan ini rata-rata siswa kelas IV SD Negeri 101821 Pancur Batu diperoleh nilai 78 berkatagori cukup. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model CTL tanpa media Big Book materi lingkungan berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas IV SD Negeri 101821 Pancur Batu diperoleh nilai 60 berkatagori kurang mampu. Terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan model CTL dengan media Big Book materi lingkungan kelas IV SD Negeri 101821 Pancur Batu.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keyword : Learning Outcomes, Big Book Media
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. SEJAHTRA, M.Pdsejahtra.212@gmail.comNIDN 17096602
Pembimbing IIIRWANSYAH, S.Pd., M.Pdiirwan135@gmail.comNIDN 115098701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: NOVITA SARI BR ARITONANG
Date Deposited: 15 May 2025 10:40
Last Modified: 15 May 2025 10:40
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3748

Actions (login required)

View Item View Item