PINEM, ALPANDI, 1505030236 (2019) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS V SDN 105269 SEI BERAS SEKATA T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (27kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (51kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (205kB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (433kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (29kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam mengerjakan soal pada mata pelajaran matematika materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan dan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal pada mata pelajaran matematika materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN 105269 Sei Beras Sekata. Dengan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 105269 Sei Beras Sekata berjumlah 25 orang. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, angket, wawancara. Teknik Analisis data menggunakan deskriptif. Berdasarkan dari hasil analisis data diperoleh (1) kesulitan mengerjakan pecahan campuran, operasi hitung bilangan pecahan, mengerjakan soal cerita pada pecahan, tidak memahami soal, menyamakan penyebut, menentukan (KPK) di kelas V SD Negeri 105269 Sei Beras Sekata Tahun Ajaran 2018/2019 diperoleh dengan nilai rata-rata 60,28. (2) Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mengrejakan soal pada mata pelajaran Matematika materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas V SD Negeri 105269 yaitu minat siswa terhadap pembelajaran pecahan, motivasi siswa dalam pembelajaran pecahan, pemahaman terhadap pecahan, kecakapan dalam menyelesaikan persoalan pecahan, dukungan orang tua, setelah pulang sekolah, dan fasilitas yang ada.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mathematics Learning Difficulties, Factors in Learning Mathematics Difficulties | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics 300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Mar 2020 02:24 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Feb 2021 08:21 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/375 |
Actions (login required)
View Item |