ARITONANG, CLARISSA OLIVIA SELOMITA (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 104186 TANJUNG SELAMAT T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
SAMPUL SKRIPSI CLARISSA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK SKRIPSI CLARISSA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (198kB) |
![]() |
Text
BAB 1 SKRIPSI CLARISSA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (220kB) |
![]() |
Text
BAB 2 SKRIPSI CLARISSA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 3-5 SKRIPSI CLARISSA.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI CLARISSA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (240kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN SKRIPSI CLARISSA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui minat belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran video animasi (2) untuk mengetahui minat belajar siswa tanpa menggunakan media video pembelajaran animasi (3) untuk mengetahui pengaruh signifikan antara media pembelajaran video animasi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 104186 Tanjung Selamat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Pre-Experimental dan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design yang hanya melibatkan satu kelas yang diuji sebelum dan sesudah perlakuan dengan sampel sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan melalui angket minat belajar dan dianalisis menggunakan uji-t, setelah melalui uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh media pembelajaran video animasi dilihat dari hasil uji validitas dan reliabel terdapat 20 pernyataan angket yang valid dan reliabel yang digunakan sebagai instrumen penelitian, dapat dilihat dari Angket awal dengan nilai rata-rata 70,2 dikategorikan sedang dan Angket akhir dengan nilai rata-rata 75 dikategorikan sedang dan berdistribusi normal, dapat dilihat dari uji hipotesis dengan rumus uji-t dapat diketahui bahwa nilai Thitung sebesar 5,68 pada taraf signifikasi 0,05 diperoleh Ttabel 2,00. Oleh karena itu Thitung>Ttabel pada signifikan 0,05 maka hipotesis H0 ditolak H1 diterima bahwa ada pengaruh signifikan antara media pembelajaran video animasi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 104186 Tanjung Selamat T.P 2024/2025. Simpulan penelitian ini adalah Ada pengaruh signifikan antara media pembelajaran video animasi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 104186 Tanjung Selamat T.P 2024/2025.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Interest, Animated Video Learning Media, Science | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username Clarissa Olivia | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 May 2025 04:43 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 May 2025 04:43 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3753 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |