PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS UPT SD NEGERI 060934 KWALA BEKALA TAHUN AJARAN 2024/2025

S, NOVA INDAH BR, 2105030255 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS UPT SD NEGERI 060934 KWALA BEKALA TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Cover Skripsi New.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (341kB)
[img] Text
Abstract Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (252kB)
[img] Text
BAB I Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (144kB)
[img] Text
BAB II Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (383kB)
[img] Text
BAB III-V Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (686kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (176kB)
[img] Text
Lampiran Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV UPT SD Negeri 060934 Kwala Bekala Medan Johor. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Desain. Populasi dari penelitian ini terdiri dari 34 siswa kelas IV. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas IV-A menjadi kelas eksperimen yang menggunakan media video animasi dalam pembelajaran dan kelas kontrol sebagai kelas tanpa menggunakan media video animasi dalam pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar IPAS yang telah divalidasi. Hasil analisis jumlah nilai hasil belajar siswa diperoleh nilai yang signifikan, pengujian hipotesis menggunakan uji t untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol, nilai uji t yang diperoleh t_hitung = 7,900 dan nilai t_tabel = 2,042. Karena t_hitung > t_tabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media video animasi kelas IV UPT SD Negeri 060934 Kwala Bekala Medan Johor Tahun Pelajaran 2024/2025. Kata kunci: media video animasi

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Animated Video Media
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDewi Afriany Susanti, S.Pd.,M.Pddewigtgs@gmail.com0108048801
Pembimbing IIDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si.,M.Pddediholdensimbolon@gmail.com0103118701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Nova Indah
Date Deposited: 16 May 2025 03:30
Last Modified: 16 May 2025 03:30
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3756

Actions (login required)

View Item View Item