ANALISIS KESULITAN SISWA MENGERJAKAN OPERASI HITUNG PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA DI KELAS V SD NEGERI 067244 TAHUN AJARAN 2018/2019

KARO, LIT MENDA BR, 1505030288 (2019) ANALISIS KESULITAN SISWA MENGERJAKAN OPERASI HITUNG PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA DI KELAS V SD NEGERI 067244 TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (46kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (63kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (127kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (547kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (32kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam mengerjakan soal pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Negeri 067244 Jl Bunga Sedap Malam IX.Dengan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 067244 JL. Bunga Sedap Malam IX berjumlah19 orang.Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Teknik pengumpul data yang digunakan angket, tes, dan wawancara.Teknik Analisis data menggunakan deskriptif. Berdasarkan dari hasil analisis data diperoleh (1) Kesulitan yang dialami siswa yaitu dalam menyamakan penyebut, pemahaman terhadap pecahan dan menyelesaikan soal penjumlahan pecahan di Kelas V SD Negeri 067244 Jl. Bunga Sedap Malam IX Tahun Ajaran 2018/2019 diperoleh dengan nilai rata-rata 40,08.(2) Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal pada mata pelajaran Matematika materi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama di Kelas V SD Negeri 067244 Jl. Bunga Sedap Malam IX Tahun Ajaran 2018/2019 yaitu minat siswa terhadap pembelajaran pecahan berkriteria cukup, motivasi belajar pecahan berkriteria cukup, kurang maksimalnya pemahaman siswa terhadap pecahan, rendahnya kecakapan dalam menyelesaikan persoalan pecahan, sarana prasarana terhadap dukungan orang tua berkriteria cukup, dan kurang maksimalnya fasilitas sekolah.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mathematics Learning Difficulties, Factors in Learning Mathematics Difficulties
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heryanto, M.Pd-NIP. 196412101992031002
Pembimbing IISiti Zahara H. Harahap, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0114078802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 05 Mar 2020 02:28
Last Modified: 23 Jan 2021 04:41
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/376

Actions (login required)

View Item View Item