PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101984 KOTARIH PEKAN T.A 2018/2019

TARIGAN, SRY ARIHTA BR, 1505030176 (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101984 KOTARIH PEKAN T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (353kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (399kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (720kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (789kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (249kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran Inside Outside Circles pada materi Energi Panas dan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode Inside Outside Circles dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101984 Kotarih Pekan yang berjumlah 24 dan 23 orang siswa yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 47 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan metode pembelajaran Inside Outside Circles dengan alat pengumpulan data yaitu test berupa Essay yang dibatasi dengan ranah kognitif C1 dan C2. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan Pre Test yaitu seluruh nilai siswa di bawah rata-rata. Sedangkan Pelaksanaan Post Test menggunakan metode pembelajaran Inside Outside Circles memperoleh nilai rata-rata 81.91 dan Post Test dalam menggunakan metode pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 74.78.Berdasarkan hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pada pelaksanaan pembelajaran IPA materi Energi Panas di kelas IV SD Negeri 101984 Kotarih Pekan Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Heat Energy Student Learning Outcomes, Inside Outside Circles Learning Method
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Pembimbing IIRupina Magdalena Br Tarigan, S.Pd., M.Pd-NIDN. 011110896
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 05 Mar 2020 08:08
Last Modified: 19 Mar 2021 03:21
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item View Item