RODEARNA SIPAYUNG, 2105030177 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK DIGITAL PADA MATERI BANGUNRUANG KELAS VI SD NEGERI 060919 MEDAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (223kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (123kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (188kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (431kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (56kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis flipbook digital pada materi bangun ruang kelas VI SD Negeri 060919 Medan dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri 060919 Medan. Penelitian pengembangan ini juga untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran berbasis flipbook diggital. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Develoment (R&D) dengan model PPE yang mencakup tiga lagkah antara lain: Planning (Perencanaan), Production (Produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui dengan menggunakan data uji kevalidan oleh validator media dan validator materi, sedangkan data uji kepraktisan oleh guru kelas VI dan peserta didik kelas VI SD. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar validasi dan lembar angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis flipbook digital pada materi bangun ruang kelas VI SD “Sangat Valid” dengan rincian persentase kevalidan yang diberikan oleh ahli media 93,7% dengan kategori “Sangat Valid”, oleh ahli materi dihasilkan 90% dengan kategori “Sangat Valid”. Rincian persentase kepraktisan yang diberikan oleh guru melalui kelas VI SD melalui angket Respon Guru sebesar 100% dengan kategori “Sangat Praktis” dan Respon peserta didik kelas VI SD dengan subjek penelitian 6 siswa sebesar 89,1% dengan kategori “Sangat Praktis”. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis flipbook digital pada materi bangun ruang kelas VI SD Negeri 060919 Medan “Valid” dan “Praktis” digunakan kepada peserta didik saat proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bangun Ruang, Flipbook Digital, Media Pembelajaran | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | RODEARNA - SIPAYUNG | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 May 2025 07:02 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 May 2025 07:02 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3780 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |