PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS III DI SD NEGERI 064023 MEDAN T.P 2024/2025

LASE, INTAN SARI, 2105030248 (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS III DI SD NEGERI 064023 MEDAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (332kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (316kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (274kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (332kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (538kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui 1) hasil belajar siswa tanpa menggunakan media pembelajaran Scrapbook pada mata pelajaran IPAS kelas III di SD Negeri 064023 Medan T.P 2024/2025. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran Scrapbook pada mata pelajaran IPAS kelas III di SD Negeri 064023 Medan T.P 2024/2025 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran Scrapbook mata IPAS di kelas III SD Negeri 064023 Medan T.P 2024/2025. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, dengan metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian yaitu pre-test dan post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Waktu penelitian ini dilakukan pada semester genap, tanggal 17 sampai 18 February 2024/2025. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas III yang berjumlah 56 siswa. Dengan sampel penelitian yaitu kelas III-B, 29 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas III-A, 27 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini memperoleh nilai rata-rata pada pre-test kelas kontrol yaitu 43,45 dan kelas eksperimen 40,00. Untuk post-test kelas kontrol yaitu 65,17 dan kelas eksperimen yaitu 88,89. Berdasarkan hasil uji hipotesis, nilai uji t dengan ketentuan thiting>ttabel yang memperoleh nilai yaitu thitung 11,72 > ttabel 2,004. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan pengaruh media pembelajaran scrapbook terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas iii di SD Megeri 064023 medan T.P 2024/2025

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Scrapbook Learning Media, Learning Outcomes, Quasi-Experiment
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRITA HERLINA BR PA, S.Pd., M.Pdrperanginangin@gmail.comNIDN 0129078503
Pembimbing IIJULIANA BR SIMBOLON, SP., M.Sijuliana.uq@gmail.comNIDN 118077802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: INTAN SARI LASE
Date Deposited: 17 May 2025 11:27
Last Modified: 17 May 2025 11:27
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3783

Actions (login required)

View Item View Item