PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI 060934 MEDAN JOHOR T.P 2024/2025

WINANDA MANULLANG, 2105030178 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI 060934 MEDAN JOHOR T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (167kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (308kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (389kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (366kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (592kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (253kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (958kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPAS) kelas V SD Negeri 060934 Medan Johor tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu, melibatkan 25 siswa yang dilakukan pretest untuk mengukur kemampuan awal sebelum penerapan model PjBL dan posttest untuk menilai peningkatan hasil belajar. Hasil analisis menunjukkan rata-rata skor pretest siswa sebesar 44,2, sedangkan rata-rata skor posttest meningkat secara signifikan menjadi 90,71, yang menunjukkan bahwa penerapan model PjBL berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa model PjBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran kompleks, dan diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan metode pembelajaran di sekolah dasar.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Learning Outcomes, Project Based Learning
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJUNIKO ESRA TARIGAN, S.Pd., M.Pdjuniko.tarigan@gmail.comNIDN 0110068902
Pembimbing IIRESTIO SIDEBANG, S.Pd., M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Winanda - Winanda
Date Deposited: 18 May 2025 01:47
Last Modified: 18 May 2025 01:47
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3785

Actions (login required)

View Item View Item