TARIGAN, REGGINA PUTRI D BR, 2105030101 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI 053963 RAJA TENGAH TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (186kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (82kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (292kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (478kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (82kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (634kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Matematika materi bangun ruang kubus dan balok di kelas V SDN 053963 Raja Tengah, (2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Matematika materi bangun ruang kubus dan balok di kelas V SDN 053963 Raja Tengah, (3) Untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 053963 Raja Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen. Pada penelitian ini sampel yang digunakan 38 siswa, dengan penjabaran 17 siswa kelas V-A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, sedangkan kelas kontrol yang berjumlah 21 siswa kelas V-B tidak menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berbentuk essay berjumlah 5 soal. Teknik analisis data menggunakan uji-t, sebelumnya data tersebut di uji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah melakukan analisis data nilai kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai yang signifikan, dimana (1) kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 90,29 dengan kriteria tinggi, (2) kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 70,48 dengan kriteria rendah. Dan (3) ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 053963 Raja Tengah.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Problem-Based Learning, Mathematics | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | REGGINA PUTRI D BR TARIGAN | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 May 2025 04:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 May 2025 04:21 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3787 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |