PENGARUH METODE TEBAK GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS III SDN 104218 SIDOMULYO KECAMATAN SIBIRU-BIRUT.P 2024/2025

SEMBIRING SABDA SERIANI BR, 2105030374 (2025) PENGARUH METODE TEBAK GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS III SDN 104218 SIDOMULYO KECAMATAN SIBIRU-BIRUT.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Sampul Baru.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak baru.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (207kB)
[img] Text
Bab 1 baru.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (292kB)
[img] Text
Bab 2 baru.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (469kB)
[img] Text
Bab III-V baru.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (626kB)
[img] Text
Daftar Pustaka baru.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (323kB)
[img] Text
Lampiran baru.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode pembelajaran Tebak Gambar terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri 104218 Sidomulyo, Kecamatan Sibiru-Biru pada tahun ajaran 2024/2025. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen, melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan metode Tebak Gambar dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Tebak Gambar memberikan peningkatan signifikan pada keterampilan berbicara siswa di kelas eksperimen dengan rata-rata nilai akhir 84,04, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 77,5. Uji t menghasilkan nilai t-statistik sebesar 2,847 (p < 0,05), yang menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari metode Tebak Gambar terhadap keterampilan berbicara siswa. Kesimpulannya, metode Tebak Gambar terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa, menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, serta meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Keterampilan Berbicara, Tebak Gambar.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Indonesian, speaking skills, Picture Guessing.
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Ulfah Sari Rezeki S.Pd, M.Pdulfahsari6@gmail.com0106129001
Pembimbing IISiti Zahara H. Harahap S.Pd, M.Pdzahraharahap.zh@gmail.com0114078802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Sabda Seriani
Date Deposited: 19 May 2025 02:22
Last Modified: 19 May 2025 02:22
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3791

Actions (login required)

View Item View Item