PENGARUH MODEL JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 106203 TANAH GARA HULU T. A 2024/2025

Sembiring, Dini BR, 2105030051 (2025) PENGARUH MODEL JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 106203 TANAH GARA HULU T. A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (435kB)
[img] Text
Skripsi Dini abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19kB)
[img] Text
Skripsi Dini BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (107kB)
[img] Text
Skripsi Dini BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (204kB)
[img] Text
BAB III-V (2).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (764kB)
[img] Text
Skripsi Dini DAPUS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (95kB)
[img] Text
LAMPIRAN (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS materi Cahaya dan Sifatnya kelas V SD Negeri 106203 Tanah Gara Hulu. Metode yang digunakan peneliti yaitu metode eksperimen. Dan instrumen yang digunakan dalam peneliti berupa tes essay yaitu melihat hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sampel dengan total sampel VA 22 orang siswa dan VB 9 orang siswa. Kelas eksperimen di ajarkan dengan menggunakan model Jigsaw berbantuan PPT dan kelas kontrol menggunakan model Jigsaw tanpa berbantuan PPT. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat diktahui bahwa kemampuan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Jigsaw berbantuan media PPT memperoleh nilai rata-rata 81,5 termasuk kriteria tinggi, sedangkan siswa yang menggunakan model Jigsaw tanpa berbantuan media PPT memperoleh nilai rata- rata 50,66667 termasuk kriteria sedang. Maka dapat di simpulkan bahawa terdapat Pengaruh yang Signifikan Penggunaan Model Jigsaw Berbantuan Media PPT Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Materi Cahaya dan Sifatnya Kelas V SD Negeri 106203 Tanah Gara Hulu Tahun Ajaran 2024/2025

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw Learning Model, Learning Outcomes, ..learning IPAS
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Hartono Sembiring, M.Pdono366@gmail.com19065702
Pembimbing IIRita Herlina BR PA S.Pd.,, M.Pdrperanginangin@gmail.com0129078503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DINI BR SEMBIRING
Date Deposited: 19 May 2025 03:54
Last Modified: 19 May 2025 03:54
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3793

Actions (login required)

View Item View Item