PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA YANG DIBERI METODE KERJA KELOMPOK DENGAN METODE KONVENSIONAL KELAS V SD NEGERI 068008 Jl. DAMAR SIMALINGKAR A MEDAN TUNTUNGAN T.A 2018/2019

SILALAHI, MAGDALENA, 1505030151 (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA YANG DIBERI METODE KERJA KELOMPOK DENGAN METODE KONVENSIONAL KELAS V SD NEGERI 068008 Jl. DAMAR SIMALINGKAR A MEDAN TUNTUNGAN T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (590kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (222kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (347kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (524kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (617kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (221kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diberi metode kerja kelompok pada materi cahaya dan sifat-sifatnya dan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 068008 Jl. Damar Simalingkar A Medan Tuntungan dan sampel total yang berjumlah 60 orang siswa. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quesi eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan metode pembelajaran kerja kelompok dengan alat pengumpulan data yaitu berupa essay yang dibatasi dengan ranah kognitif C1 dan C2. dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan Pri test yaitu seluruh nilai siswa dibawah rata-rata. sedangkan pelaksanaan Post test menggunakan metode pembelajaran kerja kelompok memperoleh nilai rata-rata 85,60 dan Post test dalam menggunakan metode pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 79,85. berdasarkan hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa materi cahaya dan sifat-sifatnya menggunakan pembelajaran metode kerja kelompok lebih baik daripada menggunakan pembelajaran metode konvensional Di kelas V SD Negeri 068008 Jl. Damar Simalingkar A Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes Group Work Methods, Conventional Methods
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 05 Mar 2020 08:27
Last Modified: 05 Mar 2020 08:27
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/380

Actions (login required)

View Item View Item