PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASILBE LAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 060934 MEDAN JOHOR T.P 2024/2025

SIREGAR, FEBRINA SRI ENDANG, 2105030168 (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASILBE LAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 060934 MEDAN JOHOR T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (185kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (37kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (106kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (141kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (414kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1);Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 060934 Medan Johor sebelum penggunaan media video animasi pada mata pelajaran matematika dengan materi bilangan cacah.(2);Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 060934 Medan Johor setelah penggunaan media video animasi pada mata pelajaran matematika dengan materi bilangan cacah.(3)Untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 060934 Medan Johor pada mata pelajaran matematika dengan materi bilangan cacah. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060934 Medan Johor 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang berbentuk Quasi experimental design dengan desain one-group Pretest-Postest design. Data penelitian ini didapat dari perolehan hasil pretest dan posttest, dimana tes yang dilakukan adalah tes tertulis berupa lembar soal. Adapun data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Microsoft Excel 2010 dengan meggunakan rumus T-test: Two-Sample Assuming Equal Varianc. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan nilai rata-rata siswa yang diketahui dari hasil perolehan posttest yaitu setelah diberikan perlakuan penggunaan media video animasi memperoleh nilai rata-rata 88,4 dan pada hasil tanpa diberikan perlakuan penggunaan media video animasi (pretest) memperoleh nilai rata-rata 43,6. Untuk memperkuat hasil penelitian ini maka digunakan uji hipotesis dengan rumus Ttest: Two-Sample Assuming Equal Varianc , diketahui nilai T_hitung > T_tabel= 23,07 > 2,010 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar berhitung siswa kelas V SD Negeri 060934 Medan Johor.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Influence, Animation Video Media, Learning Outcomes
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDEWI AFRIANY SUSANTI, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN 108048801
Pembimbing IIDrs. EDUARD, M.Sieduardsimatupang@gmail.comNIDN 0023126601
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: FEBRINA SRI ENDANG SIREGAR
Date Deposited: 19 May 2025 04:18
Last Modified: 19 May 2025 04:18
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3801

Actions (login required)

View Item View Item