PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 101816 PANCUR BATU T.P 2024/2025

TARIGAN, YUNITA ARIANI BR, 2105030309 (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 101816 PANCUR BATU T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (211kB)
[img] Text
Bab I Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (501kB)
[img] Text
Bab II Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (649kB)
[img] Text
Bab III-V Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (28kB)
[img] Text
Lampiran Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 101816 Pancur Batu T.P 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi-exprimental). Desain penelitian yang dipilih adalah desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA dan VB dengan berjumlah 68 siswa, kelas VA yang berjumlah 33 siswa dan kelas VB yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media wordwall pada pembelajaran IPAS kelas V SD Negeri 101816 Pancur Batu T.P 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diberi perlakuan berupa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media wordwall pada kelas V SD Negeri 101816 Pancur Batu T.P 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diberi perlakuan berupa penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media wordwall pada kelas V SD Negeri 101816 Pancur Batu T.P 2024/2025. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dibantu dengan aplikasi ms excel 2010 dengan pengujian uji-t (t-Test: Two-Sample Assuuming Equal Variances). Berdasarkan pengujian diperoleh bilai Thitung=5,494 dan Ttabel=1,997 maka nilai Thitung>Ttabel atau 5,494>1,997. Sehingga diterima Ha atau ada pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media wordwall pada pembelajaran IPAS kelas V SD Negeri 101816 Pancur Batu T.P 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPAS, Problem-Based Learning, Wordwall
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Hartono Sembiring, M.Pdono366@gmail.comNIP. 19065702
Pembimbing IIIrwansyah, M.Pdiirwan135@gmail.comNIP. 115098701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Yunita Ariani
Date Deposited: 21 May 2025 05:14
Last Modified: 21 May 2025 05:14
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3803

Actions (login required)

View Item View Item