Pengaruh Media Scrapbook Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Memahami Bacaan Cerpen Siswa Kelas V SD Negeri 060971 Medan T.P 2024/2025

MANULLANG,, INDAH MELANI (2025) Pengaruh Media Scrapbook Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Memahami Bacaan Cerpen Siswa Kelas V SD Negeri 060971 Medan T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (302kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (436kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (379kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (585kB)
[img] Text
BAB 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (921kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui Kemampuan Memahami Bacaan Cerpen siswa kelas V SD Negeri 060971 Medan pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang tanpa menggunakan media Scrapbook. 2) Kemampuan Memahami Bacaan Cerpen siswa kelas V SD Negeri 060971 Medan dengan menggunakan media Scrapbook. 3) Pengaruh yang signifikan penggunaan media Scrapbook pada pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap kemampuan Memahami Bacaan Cerpen siswa kelas V SD Negeri 060971 Medan. Jenis penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pretest-Posttest Design. populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 2 kelas dengan jumlah 50 siswa. Dengan jumlah siswa di kelas ekperimen 25 orang siswa, dan di kelas kontrol 25 orang siswa. Alat pengumpulan data berupa tes essay, data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan bantuan program Ecxell. Kemampuan memahami bacaan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Unsur – unsur intrinsik Cerita dengan menggunakan media Scrapbook berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji t untuk data kelas V B yang di ajarkan dengan menggunakan media Scrapbook mendapat nilai rata-rata 82,52 dan kelas V-A yang diajarkan tanpa menggunakan media Scrapbook mendapat nilai rata-rata 72. Berdasarkan perhitungan statistika untuk data kelas V A dan V-B diperoleh thitung>ttabel dengan hasil 3,51 > 1,67 maka H0 ditolak H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengarung signifikan penggunaan media Scrapbook pada pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap kemampuan memahami bacaan cerpen siswa kelas V SD Negeri 060971 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Scrapbook , Reading Comprehension Skills, short stories.
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. PANDAPOTAN TAMBUNAN,, M.Pddapot1002@gmail.comNIDN. 10026601
Pembimbing IIRINCI SIMBOLON,, S.Pd., M.Pdsimbolonrinci@gmail.comNIDN. 121118703
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: INDAH MELANI MANULLANG
Date Deposited: 20 May 2025 06:01
Last Modified: 20 May 2025 06:01
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3808

Actions (login required)

View Item View Item