PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 060884 MEDAN BARU TAHUN AJARAN 2018/2019

SEMBIRING, SRI NITA BR, 1505030275 (2019) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 060884 MEDAN BARU TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (716kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (533kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (464kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (613kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (863kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (237kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS dengan menggunakan Keterampilan Mengajar Guru di kelas IV SD Negeri 060884 Medan Baru Tahun Ajaran 2018/2019. Adapun masalah dari sekolah tersebut yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS materi Jenis Kegiatan Ekonomi.Populasi siswa kelas IV sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa kelas eksperimen 22 orang dan kelas kontrol 20 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan isntrumen penelitian ini adalah test uraian sebanyak 5 soal. Berdasarkan perhitungan rata-rata test akhir siswa diperoleh rata-rata hasil belajar di kelas menggunkan keterampilan mengajar guru 83,64 dan rata-rata hasil belajar di kelas konvesional 73,74. Tabel frekuensi nilai test akhir kelas menggunkan keterampilan mengajar guru dan kelas konvesioanl dapat didistribusikan dalam tabel frekuensi data Hasil post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol kemudian digambarkan ke dalam bentuk diagram batang untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan keterampilan mengajar guru di kelas eksperimen dan pembelajaran konvesional di kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan α=0,05 diperoleh X^2 = 8,31>〖X^2〗_((0,95)(2))=5,99. Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 060884 Medan Baru Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Learning Outcomes, Teacher Teaching Skills, Social Studies Subjects
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 05 Mar 2020 08:34
Last Modified: 05 Mar 2020 08:34
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/381

Actions (login required)

View Item View Item