PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PKN UPT SDN 067246 MEDAN TUNTUNGAN T.A 2024/2025

SEMBIRING, DEA KRISTI BR (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PKN UPT SDN 067246 MEDAN TUNTUNGAN T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER DEAA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (277kB)
[img] Text
ABSTRAK Dea.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (239kB)
[img] Text
BAB I DEA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (174kB)
[img] Text
BAB II dea .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (203kB)
[img] Text
BAB III - V DEAA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (500kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DEAA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (196kB)
[img] Text
LAMPIRAN DEAA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (636kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di UPT SDN 067246 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2024/2025”. Media video dipilih sebagai inovasi dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang sering dianggap sulit dan membosankan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 25 orang yang dipilih secara purposif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar yang terdiri dari pretest sebelum penggunaan media video dan posttest setelahnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa. Nilai rata-rata pretest siswa adalah 70,80, sedangkan nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 89,40. Uji statistik menggunakan uji-t menunjukkan nilai t-hitung sebesar 2,693, yang jauh lebih besar dibandingkan nilai t-tabel pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa penggunaan media video berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dapat diterima.Temuan penelitian ini memberikan implikasi bahwa media video dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran PKN. Penggunaan media ini tidak hanya membantu siswa memahami materi secara lebih mendalam, tetapi juga menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, interaktif, dan menyenangkan. Oleh karena itu, disarankan agar guru memanfaatkan media video secara optimal dalam proses pembelajaran untuk mendukung keberhasilan pendidikan siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Video
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ITINA SHEBA CORNELIA, S.Pd., M.Pddomtinasitompul@gmail.com0120058705
Pembimbing IIULFAH SARI REZEKI, S.Pd., M.Pdulfahsari6@gmail.com106129001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DEA KRISTI BR SEMBIRING
Date Deposited: 23 May 2025 03:16
Last Modified: 23 May 2025 03:16
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3811

Actions (login required)

View Item View Item