PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 040570TIGABINANGAT.P 2024/2025

Sepetria Franola br karo, 2105030122 (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 040570TIGABINANGAT.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Sampul Tria.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak Tria.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (756kB)
[img] Text
bab 1 Tria.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (357kB)
[img] Text
bab 2 tria.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (549kB)
[img] Text
bab 3-5 Tria.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (639kB)
[img] Text
daftar pustaka Tria.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (304kB)
[img] Text
daftar lampiran Tria.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (983kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa Pelajaran IPA dengan menggunakan media teka-teki silang pada materi perkembangbiakan tumbuhan di kelas IV SD Negeri 040570 Tigabinanga. Adapun masalah dari sekolah tersebut adalah media pembelajran yang belum sesuai dan maksimal. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian ini adalah tes. Hasil dari rata-rata tes akhir kelas IV A 80,60 yakni kelaseksperimen menggunakan media teka-teki silang dan kelasIV B 62,17 yakni kelas kontrol. Tabel frekuensi dan frekuensi relative kemudian digambarkan kedalam bentuk diagram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media teka-teki silang di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional kelas kontrol dapat diketahui bahwa t hitung sebesar 6,37 dengan t tabel sebesar 2,01 pada taraf signifikan α= 0,05. Maka kriteria maka t hitung > t tabel yaitu 6,37 > 2,01. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media teka-teki silang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan konvensional. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yangsignifikan penggunaan media teka-teki silang terhadap hasil belajar IPA materi perkembangbiakan tumbuhan di kelas IV SD Negeri 040570 Tigabinanga.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, Crossword puzzles
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Gemala Widiyati, S. Sos., M. PdWidiayartigemala@gmail.comNIP. 0123098602
Pembimbing IIHotma Tiolina, S. Pd., M. Pdtiolinahotma@gmail.comNIP. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Sepetria Franola
Date Deposited: 20 May 2025 02:45
Last Modified: 20 May 2025 02:45
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3814

Actions (login required)

View Item View Item