ALIKA ALPIONA, 2105030169 (2025) PENGARUH MEDIA KANTONG PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN KELAS II SDN 101733 SUNGGAL SEI SEMAYANG T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (250kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (24kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (223kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (358kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (84kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (400kB) |
Abstract
Hasil Belajar Siswa yang rendah disebabkan karena siswa bersifat pasif dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan model dan media tanpa variasi sehingga timbul kebosanan pada diri siswa. Siswa tidak bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran, belum maksimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika karena rendahnya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan media pembelajaran yang digunakan dalam penyampaian materi bersifat monoton mengakibatkan siswa kurang termotivasi untuk nelajar, dan hasil belajar pada siswa rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101733 Sei Semayang Sunggal dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa dikelas II pada mata pelajaran matematika materi perkalian. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan Design One Group Pretest Posttest sampel dalam penelitian ini seluruh siswa kelas II SDN 101733 yang berjumlah 25 orang yang terdiri satu kelas. Tes yang dilakukan dalam penelitian ini berbentuk pilihan berganda. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas data dan uji homogenitas varians. Berdasarkan uji hipotesis, hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum meggunakan media kantong perkalian, nilai rata-rata siswa sebesar 50,8 sedangkan setelah menggunakan media tersebut menjadi 86,8. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media kantong perkalian berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi perkalian dikelas II SDN Sei Semayang Sunggal T.A 2024/2025.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Mathematics, Learning Outcomes, Multiplication Pocket Media | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | ALIKA - ALPIONA | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 May 2025 02:19 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 May 2025 02:19 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3816 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |