AISYAH WULANDARI, 2105030142 (2025) PENGARUH MEDIA PAPAN PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS IV SDN 101733 SEI SEMAYANG SUNGGAL T.P2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (301kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (83kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (241kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (352kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (83kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (726kB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor seperti Penggunaan metode pembelajaran yang masih konvensional dan kurang memungkinkan terjadinya interaksi, kesulitan siswa dalam memahami materi serta rendahnya ketersediaan media dan bahan ajar. Hal ini dapat membuat pembelajaran Matematika menjadi membosankan. Jika materi disajikan dengan cara yang tidak menarik, siswa tidak akan terlibat secara aktif dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian di SDN 101733 Sei Semayang Sunggal dilakukan untuk mengetahui pengaruh media papan pecahan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 101733 Sei Semayang Sunggal tahun pelajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan design one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas IV. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk pilihan berganda. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas varians, dan uji hipotesis. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis, hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan media papan pecahan, nilai rata-rata siswa sebesar 53,33, sedangkan setelah menggunakan media tersebut menjadi 87,03. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media papan pecahan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi pecahan kelas IV SDN 101733 Sei Semayang Sunggal T.P 2024/2025
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Mathematics, Learning Outcomes, Fraction Board Media | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | AISYAH - WULANDARI | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 May 2025 02:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 May 2025 02:28 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3817 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |