PENGARUH MEDIA PAPAN PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS IV SDN 101733 SEI SEMAYANG SUNGGAL T.P2024/2025

AISYAH WULANDARI, 2105030142 (2025) PENGARUH MEDIA PAPAN PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS IV SDN 101733 SEI SEMAYANG SUNGGAL T.P2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (301kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (83kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (157kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (241kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (352kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (83kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (726kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor seperti Penggunaan metode pembelajaran yang masih konvensional dan kurang memungkinkan terjadinya interaksi, kesulitan siswa dalam memahami materi serta rendahnya ketersediaan media dan bahan ajar. Hal ini dapat membuat pembelajaran Matematika menjadi membosankan. Jika materi disajikan dengan cara yang tidak menarik, siswa tidak akan terlibat secara aktif dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian di SDN 101733 Sei Semayang Sunggal dilakukan untuk mengetahui pengaruh media papan pecahan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 101733 Sei Semayang Sunggal tahun pelajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan design one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas IV. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk pilihan berganda. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas varians, dan uji hipotesis. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis, hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan media papan pecahan, nilai rata-rata siswa sebesar 53,33, sedangkan setelah menggunakan media tersebut menjadi 87,03. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media papan pecahan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi pecahan kelas IV SDN 101733 Sei Semayang Sunggal T.P 2024/2025

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Mathematics, Learning Outcomes, Fraction Board Media
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IMUHAMMAD DALIANI, S.Pd., M.Simddaniboys@gmail.comNIDN 0128088804
Pembimbing IIDrs. PANDAPOTAN TAMBUNAN, M.Pddapot1002@gmail.comNIDN 10026601
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: AISYAH - WULANDARI
Date Deposited: 20 May 2025 02:28
Last Modified: 20 May 2025 02:28
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3817

Actions (login required)

View Item View Item