PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTUN EDUKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN WAKTU KELAS II SD NEGERI 060919 MEDAN T.P 2024/2025

TARIGAN, SRI RIAHNA, 2105030199 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTUN EDUKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN WAKTU KELAS II SD NEGERI 060919 MEDAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (253kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (198kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (404kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (81kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (676kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan (1); untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan Media Kartun Edukasi pada Mata Pelajaran Matematika di kelas II SD Negeri 060919 Medan Tahun Pelajaran 2024/2025 (2); untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar tanpa Media Kartun Edukasi pada Mata Pelajaran Matematika di kelas II SD Negeri 060919 Medan 2024/2025 (3); untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara pelajaran dengan Media Kartun Edukasi Terhadap hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Matematika di kelas II SD Negeri 060919 Medan Pelajaran 2024/2025. Masalah yang di alami di sekolah tersebut yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Sampel siswa kelas II sebanyak 2 kelas berjumlah 20 peserta didik kelas eksperimen dan 20 peserta didik di kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan instrument penelitian adalah tes essay. sebanyak 5 soal dan dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata tes Akhir Peserta didik diperoleh 80 di kelas eksperimen dan rata-rata pada kelas kontrol 72,5. Maka dapat di simpulkan bahawa terdapat Pengaruh yang Signifikan Penggunaan Media kartun edukasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran MATEMATIKA Materi Pengukuran waktu Kelas II SD Negeri 060919 Medan Tahun Pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Educational Cartoon Media, Learning Outcomes, Mathematics Learning
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHASNI SUCIAWATI, S.Pd., M.Pdhasnisuciawati@gmail.comNIDN 0104048903
Pembimbing IIJAINAL TOGATOROP, S.Pd., M.Pdjainaltogatorop@gmail.comNIDN 124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SRI RIAHNA TARIGAN
Date Deposited: 20 May 2025 02:38
Last Modified: 20 May 2025 02:38
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3822

Actions (login required)

View Item View Item