PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 060884 MEDAN BARU T.A 2018/2019

GINTING, NADA VERONIKA BR, 1505030270 (2019) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 060884 MEDAN BARU T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (77kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (48kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (565kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Gaya Kepemimpinan Guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 060884 Medan Baru Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi ekperimen. Sampel peneliti ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas V-a dan V-b, dimana masing- masing kelas dengan jumlah populasi selurus siswa kelas V SD Negeri 060884 Medan Baru yang berjumlah 48 siswa. Dengan instrument 5 soal yang diujikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan ( Pre Test dan Post Test ). Analisis data yang dilakukan untuk menghitung nilai rata-rata, simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji independen antara dua faktor. Dari analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa hasil nilai rata-rata yang di peroleh dari Gaya Kepemimpinan Demokratis adalah sedangkan nilai rata- rata yang diperoleh dari Gaya Kepemimpinan Otokratis sehingga .= 8,37= 5,99 Uji independen antara dua faktor untuk data hasil belajar(̅= 86, siswa 15) pada mata pelajaran IPA materi Peristiwa Alam dan Cara Menanggulanginya ( ̅= 75,59)pelajaran IPA di tolak materi dan Peristiwa di terima Alam dan Cara Menanggulanginya di kelas V SD Di peroleh nilai lebih besar dari Artinya ada pengaruh yang signifikan menggunakan Gaya Kepemimpinan Guru terhadap hasil belajar siswa pada mata Negeri 060884 Medan Baru Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Learning Results, Teacher Leadership Style, Science Subjects
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
600 Technology and Applied Sciences > 650 Business > 658 General Management > 658.409.2 Leadership
300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Eduard, M.Si-NIP. 196612231992031002
Pembimbing IIRinci Simbolon, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0121118703
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 05 Mar 2020 08:46
Last Modified: 14 Dec 2020 03:56
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item View Item