HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 101854 SEI MENCIRIM TAHUN AJARAN 2018/2019

ISWARA, RIBEKA S, 1505030032 (2019) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 101854 SEI MENCIRIM TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (333kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (236kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (466kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (113kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN 101854 Sei Mencirim. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi assosiatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 49 siswa yang terdiri dari kelas IV-A dan IV-B SDN 101854 Sei Mencirim Tahun Ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan “Korelasi Product Moment Sederhana” dan “Korelasi Ganda”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat hubungan yang signifikan antara disipin belajar dengan hasil belajar yang dibuktikan dari , , , (2) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa yang dibuktikan dari , , , (3) terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa yang dibuktikan Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa : (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN 101854 Sei Mencirim. (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN 101854 Sei Mencirim, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN 101854 Sei Mencirim.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dicipline Of Learning, Motivation To Learn, Learning Outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Sosial Science > 370 Education > 370.15 Psychology of Education > 370.154 Motivation
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDDedi Holden Simbolon, M.Pd-NIDN. 0103118701
Pembimbing IIUlfah Sari Rezeki, M.Pd-NIDN. 0106019101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 05 Mar 2020 08:51
Last Modified: 21 Jan 2021 04:10
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item View Item