PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUAL, AUDIOTORY, KINESTHETIC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101826 TUNTUNGAN KEC. PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2018/2019

KACARIBU, NOVRI ANITA BR, 1505030168 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUAL, AUDIOTORY, KINESTHETIC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101826 TUNTUNGAN KEC. PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (53kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (319kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (794kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model VAK (Visual, Audiotory, Kinesthetic) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Gaya Magnet Kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101826 Tuntungan Tahun Ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah 45 siswa yang terdiri dari 24 siswa untuk kelas eksperimen dan 21 siswa untuk kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Pre Test dan Post Test. Sampel yang digunakan dengan teknik sampel total alat pengumpulan data yang digunakan test dan analisis data yang terdiri dari pengujisn hipotesis dengan menggunakan uji independen dua faktor. Dari analisis data diperoleh hasil belajar IPA menggunakan Model Pembelajaran VAK (Visual, Audiotory, Kinesthetic) memperoleh nilai rata-rata 80,71 untuk kelas eksperimen yaitu kelas yang diajarkan menggunakan model VAK (Visual, Audiotory, Kinesthetic) nilai rata-rata 70,95 untuk kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvesional dan hasilnya ada pegaruh positif penggunaan model pembelajaran VAK ( Visual, Audiotory, Kinesthetic) dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Gaya Magnet kelas V SD Negeri 101826 Tuntungan Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: VAK Learning Model, Student Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Pembimbing IIRinci Simbolon, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0121118703
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 05 Mar 2020 09:06
Last Modified: 23 Jan 2021 03:03
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item View Item