PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SDN 064033 MEDAN JOHOR T.P 2024/2025

SEMBIRING, YOLANDA VALENTINA BR, 2105030299 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SDN 064033 MEDAN JOHOR T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (269kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (153kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (359kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (82kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V SDN 064033 Medan Johor tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain kontrol pre-test dan post-test. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen, yang masing-masing berjumlah 28 dan 30 siswa. Data diperoleh melalui tes awal dan tes akhir yang dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model NHT (80) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional (73). Hasil uji t menunjukkan nilai thitung (4,24) lebih besar dari t tabel (2,00), yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif NHT terhadap hasil belajar IPA siswa. Dengan demikian, penerapan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Cooperative Learning Model, NHT, Learning Outcomes, Science
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. SEJAHTRA, M.Pdsejahtra.212@gmail.comNIDN 17096602
Pembimbing IIDr. SRIE FAIZAH LISNASARI, M.Sifaizahsrie2502@gmail.comNIDN 25026706
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: YOLANDA VALENTINA BR SEMBIRING
Date Deposited: 21 May 2025 08:42
Last Modified: 21 May 2025 08:42
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3853

Actions (login required)

View Item View Item