SEMBIRING, SAPREM DULES, 2105030182 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 044842 BERTAH T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (192kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (20kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (190kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (208kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (350kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (93kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (376kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar IPAS materi ekosistem di Kelas V SD Negeri 044842 Bertah T.P 2024/2025. 2. Untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajan terhadap hasil belajar IPAS materi ekosistem di Kelas V SD Negeri 044842 Bertah T.P 2024/2025.3.Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPAS materi ekosistem di Kelas V SD Negeri 044842 Bertah T.P 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah quasi ekperimen, penelitian ini dilaksanakan di SDN 044842 Bertah populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 2 kelas. Dengan jumlah siswa di kelas ekperimen 20 orang siswa, dan di kelas kontrol 20 orang siswa. Alat pengumpulan data berupa tes esay, uji data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. 1. Hasil Belajar Siswa Tanpa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Hasil belajar siswa pada kelas kontrol (yang menggunakan model pembelajaran konvensional) menunjukkan rata-rata yang lebih rendah pada posttest (63,50) dibandingkan dengan kelas eksperimen. 2. Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning. Pada kelas eksperimen yang menggunakan model PBL, rata-rata nilai posttest mencapai 75,25, yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, terutama dalam materi ekosistem pada mata pelajaran IPAS. 3. Ada pengaruh signifikan penggunaan model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar siswa di kelas V SD Negeri 044842 Bertah T.P 2024/2025.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Problem Based Learning, learning outcomes, ecosystem, IPAS learning | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | SAPREM DULES SEMBIRING | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 May 2025 01:27 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 May 2025 01:27 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3858 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |