PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 044842 BERTAH T.P 2024/2025

SEMBIRING, SAPREM DULES, 2105030182 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 044842 BERTAH T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (192kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (190kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (208kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (350kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (93kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (376kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar IPAS materi ekosistem di Kelas V SD Negeri 044842 Bertah T.P 2024/2025. 2. Untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajan terhadap hasil belajar IPAS materi ekosistem di Kelas V SD Negeri 044842 Bertah T.P 2024/2025.3.Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPAS materi ekosistem di Kelas V SD Negeri 044842 Bertah T.P 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah quasi ekperimen, penelitian ini dilaksanakan di SDN 044842 Bertah populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 2 kelas. Dengan jumlah siswa di kelas ekperimen 20 orang siswa, dan di kelas kontrol 20 orang siswa. Alat pengumpulan data berupa tes esay, uji data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. 1. Hasil Belajar Siswa Tanpa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Hasil belajar siswa pada kelas kontrol (yang menggunakan model pembelajaran konvensional) menunjukkan rata-rata yang lebih rendah pada posttest (63,50) dibandingkan dengan kelas eksperimen. 2. Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning. Pada kelas eksperimen yang menggunakan model PBL, rata-rata nilai posttest mencapai 75,25, yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, terutama dalam materi ekosistem pada mata pelajaran IPAS. 3. Ada pengaruh signifikan penggunaan model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar siswa di kelas V SD Negeri 044842 Bertah T.P 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Problem Based Learning, learning outcomes, ecosystem, IPAS learning
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ISITI RAKIYAH, S.Pd., M.HumSitirakiyah09@gmail.comNIDN 110058507
Pembimbing IIRIKAWATI GINTING MUNTHE, S.E., M.Sirikawati.ginting@gmail.comNIDN 0114028003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SAPREM DULES SEMBIRING
Date Deposited: 24 May 2025 01:27
Last Modified: 24 May 2025 01:27
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3858

Actions (login required)

View Item View Item