MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR AND SHARE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD SWASTA ANASTASIA TP. 2018/2019

GINTING, ROSANTI, 1505030169 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR AND SHARE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD SWASTA ANASTASIA TP. 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (38kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model Think Pair Share pada mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan bumi dan alam semesta dikelas V SD Swasta Anastasia TP. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Think Pair Share. Penelitian ini dilakukan di SD Swasta Anastasia TP. 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Swasta Anastasia TP. 2018/2019 sebanyak 30 orang. Yang menjadi objek penelitian adalah model Think Pair Share dalam pelajaran IPA dengan pokok bahasan bumi dan alam semesta di kelas V SD Swasta Anastasia TP. 2018/2019. Alat pengumpul data yang digunakan oleh peneliti adalah Observasi dan Tes. Observasi guru pada siklus I memperoleh nilai 60% atau berkategori cukup. Observasi guru pada siklus II memperoleh 71,17% atau berkategori baik. Observasi aktivitas Siswa pada siklus I memperoleh nilai 68 atau berkategori cukup dan pada siklus II memperoleh nilai 84 atau berkategori baik. Dari hasil analisis data pada siklus I hasil belajar diperoleh 22 siswa (73,33%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, 8 siswa (26,67%) belum mencapai ketuntasan belajar, dan nilai rata-rata 68,66. Dari hasil analisis data pada siklus II diperoleh 26 siswa (86,67%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, 4 siswa (13,33%) belum mencapai ketuntasan belajar, dan nilai rata-rata 76. Simpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Think Pair Share pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Swasta Anastasia TP. 2018/2019 berkategori baik dan hasil belajar IPA meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Science Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Pembimbing IIHotma Tiolina Siregar, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 05 Mar 2020 09:12
Last Modified: 14 Dec 2020 04:59
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/386

Actions (login required)

View Item View Item