GINTING, ROSANTI, 1505030169 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR AND SHARE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD SWASTA ANASTASIA TP. 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (38kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (23kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model Think Pair Share pada mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan bumi dan alam semesta dikelas V SD Swasta Anastasia TP. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Think Pair Share. Penelitian ini dilakukan di SD Swasta Anastasia TP. 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Swasta Anastasia TP. 2018/2019 sebanyak 30 orang. Yang menjadi objek penelitian adalah model Think Pair Share dalam pelajaran IPA dengan pokok bahasan bumi dan alam semesta di kelas V SD Swasta Anastasia TP. 2018/2019. Alat pengumpul data yang digunakan oleh peneliti adalah Observasi dan Tes. Observasi guru pada siklus I memperoleh nilai 60% atau berkategori cukup. Observasi guru pada siklus II memperoleh 71,17% atau berkategori baik. Observasi aktivitas Siswa pada siklus I memperoleh nilai 68 atau berkategori cukup dan pada siklus II memperoleh nilai 84 atau berkategori baik. Dari hasil analisis data pada siklus I hasil belajar diperoleh 22 siswa (73,33%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, 8 siswa (26,67%) belum mencapai ketuntasan belajar, dan nilai rata-rata 68,66. Dari hasil analisis data pada siklus II diperoleh 26 siswa (86,67%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, 4 siswa (13,33%) belum mencapai ketuntasan belajar, dan nilai rata-rata 76. Simpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Think Pair Share pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Swasta Anastasia TP. 2018/2019 berkategori baik dan hasil belajar IPA meningkat.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Share, Science Learning Outcomes | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Mar 2020 09:12 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Dec 2020 04:59 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/386 |
Actions (login required)
View Item |