PENGARUH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP KESADARAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 1 TIGAPANAH T.P 2024/2025

SEMBIRING, DENNA TALENTA BR, 2305020003 (2025) PENGARUH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP KESADARAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 1 TIGAPANAH T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (351kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (92kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (133kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (276kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (28kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pendidikan PPKn mempengaruhi sikap tanggung jawab sosial siswa di SMP Negeri 1 Tigapanah. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan studi kepustakaan, penelitian lapangan, wawancara dan menyebarkan kuesioner. Berdasarkan hasil tabulasi kuesioner 1 sampai dengan kuesioner 9, maka diperoleh hasil bahwa 90 % siswa menyukai pelajaran PPKn. Materi Pendidikan PPKn dan Tanggung Jawab Sosial, Keberagaman Suku Bangsa, Menghargai Lingkungan dan Budaya Lokal serta materi Konservasi Lingkungan yang dominan disukai oleh siswa, terbukti dengan persentasenya yang mencapai 80% sampai 95%. Siswa di SMP Negeri 1 Tigapanah, yang aktif dalam kegiatan sosial, ada di 2 tempat yakni di sekolah dan di rumah/lingkungan masyarakat. Adapun saat di sekolah, waktu keaktifannya adalah saat proses belajar mengajar berlangsung dan saat istirahat. Saat proses belajar mengajar berlangsung, siswa yang aktif pada beberapa kegiatan yang menyangkut tanggung jawab sosial adalah 36 orang dari 40 siswa, sedangkan saat istirahat adalah 40 orang siswa, atau seluruhnya. Berbeda halnya ketika berada di rumah. Siswa yang menyadari dan melaksanakan tanggung jawab sosialnya berjumlah 38 orang dari 40 siswa. Siswa sudah paham dan bertanggung jawab terhadap hal penggunaan HP, sebagai salah satu bentuk tanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Hal ini terlihat dari hasil kuesioner tentang frekuensi dan durasi penggunaan media sosial pada siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Citizenship Education, Social Responsibili
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IKARMILA BR KARO, S.Sos., M.Sikabankarmila@gmail.comNIDN 0130118304
Pembimbing IIKRISTA SURBAKTI, S.Pd., M.Sikrista.surbakti8484@gmail.comNIDN 0110078402
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Denna Talenta br Sembiring
Date Deposited: 23 May 2025 01:41
Last Modified: 23 May 2025 01:41
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3874

Actions (login required)

View Item View Item