SEMBIRING, DENNA TALENTA BR, 2305020003 (2025) PENGARUH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP KESADARAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 1 TIGAPANAH T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (351kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (30kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (92kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (133kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (276kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (28kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (117kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pendidikan PPKn mempengaruhi sikap tanggung jawab sosial siswa di SMP Negeri 1 Tigapanah. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan studi kepustakaan, penelitian lapangan, wawancara dan menyebarkan kuesioner. Berdasarkan hasil tabulasi kuesioner 1 sampai dengan kuesioner 9, maka diperoleh hasil bahwa 90 % siswa menyukai pelajaran PPKn. Materi Pendidikan PPKn dan Tanggung Jawab Sosial, Keberagaman Suku Bangsa, Menghargai Lingkungan dan Budaya Lokal serta materi Konservasi Lingkungan yang dominan disukai oleh siswa, terbukti dengan persentasenya yang mencapai 80% sampai 95%. Siswa di SMP Negeri 1 Tigapanah, yang aktif dalam kegiatan sosial, ada di 2 tempat yakni di sekolah dan di rumah/lingkungan masyarakat. Adapun saat di sekolah, waktu keaktifannya adalah saat proses belajar mengajar berlangsung dan saat istirahat. Saat proses belajar mengajar berlangsung, siswa yang aktif pada beberapa kegiatan yang menyangkut tanggung jawab sosial adalah 36 orang dari 40 siswa, sedangkan saat istirahat adalah 40 orang siswa, atau seluruhnya. Berbeda halnya ketika berada di rumah. Siswa yang menyadari dan melaksanakan tanggung jawab sosialnya berjumlah 38 orang dari 40 siswa. Siswa sudah paham dan bertanggung jawab terhadap hal penggunaan HP, sebagai salah satu bentuk tanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Hal ini terlihat dari hasil kuesioner tentang frekuensi dan durasi penggunaan media sosial pada siswa.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Citizenship Education, Social Responsibili | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Denna Talenta br Sembiring | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 May 2025 01:41 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 May 2025 01:41 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3874 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |