PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS KELAS III SD NEGERI 101808 TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025

SEMBIRING, LEONY SILVIA BR, 2105030030 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS KELAS III SD NEGERI 101808 TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (484kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (343kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (345kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (591kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (221kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model project based learning, untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa model project based learning, dan untuk mengetahui pengaruh model project based learning. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101808 Tahun pembelajaran 2024/2025. Sebagai Populasi adalah siswa kelas III-A dan siswa kelas III-B dengan jumlah siswa kelas III-A 26 orang dan Kelas III-B ada 22 orang. Jenis penelitian yang di lakukan adalah penelitian quasi eksperimen dengan alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk essay. Dari analisis data dan hipotesis: diperoleh nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada materi sumber energi di kelas III-A SD Negeri 101808 diperoleh nilai rata-rata adalah 76,73. Hasil belajar IPAS siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran tanpa Project Based Learning pada materi sumber energi di kelas III-B SD Negeri 101808 diperoleh nilai rata-rata adalah 64,09. Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa dalam materi sumber energi pada mata pembelajaran IPAS di kelas III III SD Negeri 101808 Tahun pembelajaran 2024/2025, berdasarkan〖 t〗_hitung > atau 4,342 > 2,012

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning Learning Model, IPAS
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRestio Sidebang, M.Pdsiadariarvyn@gmail.com0129038101
Pembimbing IIDrs.Yason Mendrofa, M.Pdyasonmendrofa@gmail.com0102075901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LEONY SILVIA BR SEMBIRING
Date Deposited: 23 May 2025 03:32
Last Modified: 23 May 2025 03:32
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3875

Actions (login required)

View Item View Item