PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD SWASTA TUNAS SEBERNAMAN KUTALIMBARU T.A 2024/2025

TRANNI NOVIKA, 2005030060 (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD SWASTA TUNAS SEBERNAMAN KUTALIMBARU T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER NOVIKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (267kB)
[img] Text
ABSTRAK NOVIKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (91kB)
[img] Text
BAB I NOVIKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (53kB)
[img] Text
BAB II NOVIKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (221kB)
[img] Text
BAB III - V NOVIKA .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (389kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NOVIKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (99kB)
[img] Text
LAMPIRAN NOVIKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (731kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS sebelum menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping materi Ekosistem Rantai Makanan di SD Swasta Tunas Sebernaman pada kelas V pada Tahun Ajaran 2024/2025 diperoleh nilai rata-rata 37. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS setelah menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping materi Ekosistem Rantai Makanan di SD Swasta Tunas Sebernaman pada kelas V pada Tahun Ajaran 2024/2025 diperoleh nilai rata-rata 90. 3) Ada Pengaruh yang disignifikan penggunaan Metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi Ekosistem Rantai Makanan di kelas V SD Swasta Tunas Sebernaman T.A 2024/2025. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Penelitian ini melibatkan populasi 48 siswa kelas V UPT SD Swasta Tunas Sebernaman , yang telah dipilih 25 dari kelas kontrol dan sampel 22 siswa dari kelas eksperiment dan menggunakan Teknik sampel Non probability Sampling yaitu sampling jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbentuk pilihan berganda.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IMUHAMMAD DALIANI, S.Pd., M.Si, M.Simddaniboys@gmail.com0128088804
Pembimbing IIVINA MARIA OMPUSUNGGU, S.Sos.M.SP, M.SPvinaompusunggu@gmail.com0107038901/01070389
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Novika - Tranni
Date Deposited: 23 May 2025 06:37
Last Modified: 23 May 2025 06:37
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3879

Actions (login required)

View Item View Item